Kamis, 03 Juli 2008

PROFIL MAN NGRAHO

9 komentar:
SEKILAS TENTANG
MAN NGRAHO



        Berkisah tentang MAN Ngraho, tidak terlepas dari sosok Alm. H. Karno. Beliaulah yang mempunyai andil dan kiprah besar dalam memperjuangkan MAN Ngraho. Berkat kiat-kiat yang dimilikinya serta obsesi dan komitmenya MAN Ngraho dapat terwujud seperti sekarang ini. Berikut merupakan petikan sejarah singkat MAN Ngraho.
Bermula pada tahun 1971, Alm. H. Karno bersama tokoh masyarakat yang didukung pula oleh pejabat daerah (Kecamatan) bersepakat untuk mendirikan sekolah lanjutan, yaitu PGA (PGA Daerah, begitulah identitasnya) dan ST (Sekolah Teknik). Kedua Sekolah tersebut bernaung dibawah Yayasan Raden Fatah, yang diketuai oleh Bapak H. Sirot.
Pada penerimaan siswa baru tahun pertama, ternyata animo masyarakat terhadap PGA sangat membanggakan. Terbukti jumlah siswanya mencapai 62 orang. Hal ini sungguh menggembirakan orang-orang yang berkecimpung di Yayasan, terutama Bapak H. Karno sebagai ketua penerimaan siswa baru. Sebaliknya ST, pada tahap pertama penerimaan siswa baru tidak mendapatkan siswa sama sekali.
Dari hasil mufakat, yang dipercaya menduduki jabatan kepala Madrasah adalah Bapak Drs. H. Asrori AM. sedangkan wakil kepala madrasah dijabat oleh Bapak H. Karno. Dua sosok inilah yang berhak menentukan masa depan sekolah. Sedang dua tahun kemudian (1973), Bapak Rori ditugaskan sebagai dosen UII. Dengan demikian terjadilah peralihan kepemimpinan. Baru pada tahun 1974 tampuk kepemimpinan sekolah dipercayakan pada Bapak H. Karno.
Masih pada tahun yang sama terdapat usulan untuk mendirikan SMP (usulan Bapak Drs.Damamini AS.), yang sekarang kita kenal dengan nama SMP Raden Fatah. Sekaligus pergantian ketua Yayasan dari Bapak H. Sirat kepada Bapak Moh. Afan. Berangsur-angsur kemudian, pada tahun 1980 PGA Daerah Ngraho beralih nama karena ada “Restrukturtisasi” PGA dari Pemerintah. Untuk kelas 1.2.3 menjadi MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan kelas 4,5,6 menjadi MA (Madrasah Alikyah). Saat itu kepala Madrasah masih dijabat oleh Bapak H. Karno.
Tahun 1997 usul penegerian Aliyah disetujui, yang tertuang pada SK Menag No. 107 Tahun 1997, tanggal 17 Maret 1997 tahun kemudian (1982) Alm. H. Karno pindah ke Departemen Agama Kabupaten, sebagai Kaur Kepegawaian sampai tahun 1980. Walaupun demikian, masih sebagai komisaris sampai tahun 1992. Dengan perpindahan Bapak H. Karno secara otomatis terjadi pergantian Kepala Madrasah. Bapak Hasan, BA, itulah seseorang yang kemudian menggantikannya, sebagai kepala definitive, mulai tahun 1982 sampai tahun 1995. Sepeninggal Bapak Moh. Afan, ketua yayasan Raden fatah bergulir lagi. Mengingat pengalaman, pengetahuan dan kemauan yang keras Bapak H. Karno ditunjuk sebagai penggantinya. Dengan kiat-kiat yang dimilikinya beliau mengusulkan Madrasah Aliyah Raden Fatah dan Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah menjadi Madrasah Negeri. Dua tahun berselang (1995), turunlah SK Mentri Agama tentang setatus Negeri untuk Tsanawiyah, dengan nama Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngraho. Barulah pada tahun 1997 usul penegerian Aliyah disetujui, yang tertuang pada SK Menag No. 107 Tahun 1997, tanggal 17 Maret 1997.
Walaupun sudah berstatus Negeri, Kepala Madrasahnya masih dirangkap oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah (Bapak Suhadi, S.Ag) yang berkewenangan sebagai pelaksana harian di Aliyah. Rupanya MAN Ngraho memang berjodoh dengan Alm. H. Karno. Ternyata pada tahun 1999 beliau ditetapkan sebagai Kepala Madrasah sampai tahun 2004, setelah itu digantikan oleh Alm. H. Mashad, S.Ag. M.Pd.I. Kemudian di tahun 2010 beliau di mutasi ke MAN 2 Bojonegoro dan di gantikan oleh Hj. SITI MASLIKAH, S.Ag sampai sekarang.

9 comments

9 Desember 2008 pukul 17.31

askum
hay anak2 man ngraho gmn nih kbrnya?wah skrg man ngraho dh punya blog sndiri ya? hebatttttt!!!
Ngomng2 kls 3 ujiannya kpn nich? Belajar Yg giat ya biar dpt nilai yang bagus.........

Thanks
Waskum...................

28 Desember 2008 pukul 20.14

as......aku cuma mau nanyak sapa aja guru yang masih ngajar di sana
salam ya.... buat ibu tri guru bhs ingris wali kelas ku maaf ya bu dulu aku nakal
sapa aja yang kenal nie no hpkku 081917138183
moh.mahfudh
email www.mahfudh_gp02@yahoo.com

19 Februari 2009 pukul 21.31

assalamualaikum

aloe smua tmen2 alumni man ngraho....,
wah man ngraho skrg dah pnya blog,
sukses tyuz bwt man ngraho n smua alumni man ngraho,
aq iin alumni man ngraho th 2006,
ni friendster n email aq
iindewikurniawati@yahoo.com

3 Mei 2009 pukul 06.33

Asskum..
Permisi...Ajeng Nderek Gabung",
Buat mas Eko, Puput, Mbak dewi,
Pripon Kabare... Mugi" sae" Mawon..

Buat Bapak , & Ibu Guru Man Ngraho,,
Makasih atas mua Ilmu" nya...

Lw Pengen Ngerti coal Kulo Buka Mawon
www.CahKlempoen.blogspot.com
or FS Ar.gant@ymail.com
Waslm....

7 Juli 2009 pukul 22.04

assalamualaikum wr.wb
saya moh.taufik nurhamdani alumni 2005.pazti dah pada keeeenal ma saya.oza.saya dari IPS3.
saya berterima kasih bgt pada MAn ngraho yang telah memberikan yang terbaik buat saya.
sekarang saya kuliyah di UNIVERSITAS TERBUKA.hbz dari kanjuruhan malang trz transfer di UT.
pesen saya smg MAN menjadi lbh baik d masa yang kan datang.
dan semoga arwah guru tercinta alm.hasibuddin tenag dan bahagia di sisi ALLAH SWT.
thanks semuanya......

25 Agustus 2009 pukul 22.25

Ikut komentar di blog tetangga. Hehehehehe....

5 September 2009 pukul 21.47

kapan nie......man ngadain reoni

30 Maret 2010 pukul 03.01

aslm...bpk n ibk guruq yg trcnta nki kulo moh muifanto. wah..wah..wah.... lma ngk plng,skaang skolny tmbh maju puesat yoooooo jan tenan pokoe.mewah.

10 Februari 2012 pukul 23.19

assalamu'alaikum....pa kabar semua'y............
Biarpun aku bukan alumni man ngraho tp aku ikut bangga dgn semakin maju'y man ngraho.........

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
NGRAHO, JAWA TIMUR, Indonesia
MAN Ngraho adalah lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang berciri khas Islam.
MAN NGRAHO. Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Label

Desain Oleh :